December 9, 2013

Keuntungan Budi Daya Ikan Air Tawar




Usaha budi daya ikan air tawar sebenarnya mudah atau sulit tergantung tekad, tapi ada yang mengatakan sangat mudah. asalkan ketersediaan air mencukupi. Walaupun tidak diberi makan, ikan masih tetap bisa bertahan hidup karena makanan dapat diperoleh secara alami di kolam, misalnya jentik-jentik, plankton,dan lain-lain.
          Secara ekonomis, usaha budi daya ikan sangat menguntukan karena ikan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Di samping itu, ikan juga sangat mendukung bagi pemenuhan gizi bagi masyarakat.  Masih banyak lagi keuntungan yang dapat diperoleh dari memeliharaan ikan, diantaranya sebagai dibawah ini:
    


1        Ikan mampu menghasilkan benih ikan sangat tinggi misalya ikan nila merah dewasa yang berat 300g dapat menghasilkan benih ikan (larva) 1.000 – 1.500 ekor setiap pemijahan, padahal dalam satu tahun dapat memijah hingga 6 – 7 kali. Contoh ikan gurami dapat menghasilkanbenih ikan 4.000 – 7.000 ekor/sarang setiap pemijahan. Sedangkan ikan mas, satu ekor induk betina dapat menghasilkan benih ikan sebanyak 50.000 – 75.000 ekor setiap pemijahan.

2     -    Luas lahan yang sempit dapat menghasilkan ikan yang cukup banyak. Contoh, lahan seluas 1 hektar yang digunakan untuk memelihara ikan nila selama 6 bulan dari benih ikan yang berbobot 30g dapat menghasilkan 54 ton ikan ukuran konsumsi (400 g/ekor)

        -     Pembudidayaan ikan tidak memerlukan perawatan yang rumit, asalkan airnya itu cukup dan sehat. Ikan dapat hidup dan berkembang dengan baik asal mendapatkanair yang cukup dan juga sehat.

3     -  Ikan memiliki nilai gizi yang tinggi dengan kandungan kolestrol (kadar lemak) rendah, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5           Kotoran ikan tidak berbau sehingga tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan hidup sekitarnya. Dengan demikian, pembudidayaan ikan dapat dilakukan di lahan – lahan sempit di pekarangan rumah, di lahan – lahan dekat pemukiman, ataupun di lahan yang luas jauhdari pemukiman.

Dari gambaran keuntungan – keuntungan tersebut di atas, maka pembangunan subsektor perikanan sangat penting bagi kehidupan masyarakat kita.

0 komentar:

Post a Comment