November 7, 2013

Sejarah ikan Gurami



  Ikan gurami merupakan keluarga Anabantidae,keturunan Helostoma, dan termasuk bangsa Labyrinthici. Gurami sudah dikenal sejak tahun 1800-an, baik sebagai ikan hias maupun ikan konsumsi. Gurami merupakan ikan asli Indonesia, tepatnya berasal dari perairan daerah sunda ( Jawa Barat, Indonesia ). Kemudian ikan ini menyebar ke Malaysia, Thailand, Ceylon, dan Australia. Ikan berbentuk pipih lebar ini hidup di air tawar yang tidak mengalir. Bagian punggung guramii berwarna merah-sawo dan bagian perut berwarna keperak – perakan, serta pada gurami muda memiliki dahi rata. Namun, jika usia gurami bertambah maka dahinya semakin menonjol. Pada ikan gurami yang masih muda ada 8 sampai 10 buah garis tegak dan pada pangkal ekor terdapat titik hitam bulat. Di jawa, gurami disebut sebagai ikan gurami, sedangkan di Sumatra ikan ini disebut ikan kalau, kala, atau kalui. Di Inggris orang ikan gurami disebut dengan nama “Giant Gouramy”, Karena beratnya dapat mencapai 8kg.
Di luar negeri, ikan gurami disebut juga ikan labirin. Kenapa ikan gurami diluar negeri disebut ikan labirin, karena ikan ini mempunyai organ berbentuk labirin yang berguna untuk menyerap oksigen dari udara secara langsung. Ikan gurami memiliki alat pernapasan tahbahan namanya disebut labirin, yaitu selaput berlekuk – lekuk yang merupakan penonjolan dari tepi atas insang pertama. Labirin memiliki pembuluh darah kapiler yang dapat mengambil zat asam pada waktu ikan muncul di permukaan. Dengan alat ini gurami mampu menyerap oksigen dari udaraa bebas untuk pernapasan. Organ labirin tersebut langsung berhubungan dengan insang. Oleh karena itu, ikan ini mampu hidup di air kandungan oksigennya rendah, seperti air yang tidak mengalir dan berwarna hijau karena ledakan populasi plankton.
Pada umumnya, ikan gurami hanya dapat ditemui diperairan yang beriklim tropis. Jika kita bias menjaga lingkungan perairan yang beriklim tropis. Jika kita bias menjaga lingkungan perairan dengan baik, nutrisi terjaga, ikan ini bias hidup hingga 25 tahun bahkan lebih. Kebanyakan spesies gurami akan hidup dengan baik bila berada pada air yang netral atau mempunyai pH 7. Ikan gurami juga bisa hidup di air temperature 24-28 derajat Celsius.
Selain untuk komsumsi, gurami ada pula yang difungsikan sebagai ikan hias. Keindahan tubuh gurami mampu memikat hati para pecinta ikan.

No comments:

Post a Comment